Home Informasi Gaji Lulusan Sekolah Kedinasan Berapa Sih ? Masa Gak Penasaran ?

Gaji Lulusan Sekolah Kedinasan Berapa Sih ? Masa Gak Penasaran ?

20 min read
0
0
359
Informasi gaji lulusan sekolah kedinasan

Informasi ini pasti kamu cari – cari; Gaji Lulusan Sekolah Kedinasan.

Gaji tentu menjadi salah satu faktor yang menjadi daya tarik kamu buat memutuskan Kuliah Kedinasan. Ngapain lagi ye kan ? Kuliah jadi calon abdi negara ya tentu harus tau akan dibayar berapa dong.

Tentu gaji berapapun yang kamu terima, seiring dengan tanggung jawab profesi pelayan rakyat ini ya.

Buat kamu dan teman – teman se – Indonesia, berikut adalah beberapa informasi Gaji Lulusan Sekolah Kedinasan.

Yang dimaksud gaji di artikel ini adalah tunjangan kinerja ya. Karena sebagai lulusan sekolah kedinasan, kamu bisa menjadi Aparatur Sipil Negara ( ASN ), yang gajinya sudah diatur secara nasional.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019, besaran gaji pokok PNS berjenjang sesuai golongan dan lama masa kerja yang dikenal dengan masa kerja golongan (MKG).

Seorang lulusan sekolah kedinasan dari program studi (prodi) DIII maka otomatis akan diangkat menjadi CPNS di golongan II C dengan gaji tahun pertama adalah Rp2.301.800 per bulan. Sementara untuk lulusan prodi DIV maka masuk golongan CPNS III A gaji pokoknya Rp2.579.400.

Di artikel ini, kami menyertakan informasi gaji dari 8 sekolah kedinasan. Kalau kamu punya informasi lainnya, yuk share di kolom komentar ya!

Tentunya kamu yang menargetkan untuk jadi taruna salah satu sekolah kedinasan, penting untuk memersiapkan diri.

Mitra kami membuka bimbingan intensif sekolah kedinasan 1 kelas 1 murid 1 tutor.

1. Gaji Lulusan Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan

Apa aja ya yang termasuk sekolah kedinasan perhubungan ?

Contohnya antara lain Sekolah Tinggi Transportasi Darat ( STTD ), Politeknik Penerbangan, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran ( STIP ) dan lain – lain.

Buat kamu yang memilih sekolah kedinasan kemenhub, Tunjangan Kinerja lulusannya saat bekerja adalah antara Rp 1,96 juta sampai Rp 26,32 juta.

biaya sekolah kedinasan kemenhub
Berapa sih biaya sekolah kedinasan kemenhub itu ? STTD ? STIP ? PPI ? Apakah benar 100% gratis ? Berikut informasi selengkapnya buat kamu

2. Gaji Lulusan Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum & HAM

Dua contoh sekolah kedinasan di lingkungan Kemenkum HAM adalah POLTEKIP (Politeknik Imu Pemasyarakatan) dan POLTEKIM (Politeknik Imigrasi).

Untuk keduanya, tunjangan kinerjanya sebesar Rp 1,93 juta sampai Rp 27,57 juta.

Rincian gaji lulusan sekolah kedinasan Poltekim

GolonganMasa KerjaGapok Perbulan
Ia0 TahunRp 1.323.000
26 TahunRp 1.979.900
Ib3 TahunRp 1.444.800
27 TahunRp 2.096.100
Ic3 TahunRp 1.505.900
27 TahunRp 2.184.800
Id3 TahunRp 1.569.600
27 TahunRp 2.277.200
IIa0 TahunRp 1.714.100
33 TahunRp 2.859.500
IIb3 TahunRp 1.871.900
33 TahunRp 2.980.500
IIc3 TahunRp 1.951.100
33 TahunRp 3.106.000
IId3 TahunRp 2.033.600
33 TahunRp 3.238.000
IIIa32 TahunRp 3.590.900
IIIb32 TahunRp 3.742.800
IIIc32 TahunRp 3.901.100
Ivd32 TahunRp 4.066.100
Iva32 TahunRp 4.238.000
Ivb32 TahunRp 4.417.400
Ivc32 TahunRp 4.604.200
Ivd32 TahunRp 4.799.000
Ive32 TahunRp 5.002.000

Baca juga

Sementara, untuk lulusan Poltekim ada rincian gajinya sendiri, yakni:

Golongan Ia

Masa kerja mulai 0 Tahun

Gaji pokok per bulannya Rp1.323.000

Masa kerja mulai 26 Tahun

Gaji pokok per bulannya Rp1.979.900

Golongan Ib

Masa kerja mulai 3 Tahun

Gaji pokok per bulannya Rp1.444.800

Masa kerja mulai 27 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp2.096.100

Golongan Ic

Masa kerja mulai 3 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp1.505.900

Masa kerja mulai 27 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp2.184.800

Golongan Id

Masa kerjanya mulai 3 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp1.569.600

Masa kerjanya mulai 27 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp2.277.200

Golongan IIa

Masa kerja mulai 0 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp1.714.100

Masa kerja mulai 33 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp2.859.500

Golongan IIb

Masa kerja mulai 3 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp1.871.900

Masa kerja mulai 33 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp2.980.500

Golongan IIc

Masa kerja mulai 3 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp1.951.100

Masa kerja mulai 33 Tahun

Gaji pokok per bulanRp3.106.000

Golongan IId

Masa kerja mulai 3 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp2.033.600

Masa kerja mulai 33 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp3.238.000

Golongan IIIa

Masa kerja mulai 32 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp3.590.900

Golongan IIIb

Masa kerja mulai 32 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp3.742.800

Golongan IIIc

Masa kerja mulai 32 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp3.901.100

Golongan IIId

Masa kerja mulai 32 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp4.066.100

Golongan Iva

Masa kerja mulai 32 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp4.238.000

Golongan Ivb

Masa kerja mulai 32 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp4.417.400

Golongan Ivc

Masa kerja mulai 32 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp4.604.200

Golongan Ivd

Masa kerja mulai 32 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp4.799.000

Golongan Ive

Masa kerja mulai 32 Tahun

Gaji pokok per bulan Rp5.002.000

Nominal di atas merupakan besaran untuk gaji pokok saja dan belum termasuk bonus, tunjangan kerja, insentif, dan lainnya. 

Bikin semangat masuk kesana ga nih ?

Baca juga

3. Gaji Lulusan Sekolah Kedinasan Kementrian Dalam Negeri

Contoh sekolah kedinasan di lingkungan Kemendagri adalah IPDN. Selain gaji pokok, kamu akan mendapatkan tunjangan kinerja antara Rp 1,93 juta hingga Rp 27,57 juta.

Tunjangan yang kamu terima akan berbeda tergantung pada provinsi mana kamu bertugas ya. Di artikel ini, kami akan ambil contoh Jakarta.

Gaji golongan 3A lulusan IPDN adalah sebesar Rp 2.579.000. Dengan tunjangan kinerja, kamu bisa mendapatkan hiingga Rp19,9 juta. Untuk informasi, TKD Jakarta mencapai Rp.17.370.000 dengan standar kinerja sebagai Jabatan Fungsional umum teknis terampil.

Jumlah yang kamu terima dapat bertambah jika menjabati dudukan struktural. Dengan jabatan struktural, gaji kamu bisa tembus hingga Rp 28 juta. ( Jadi pengen kerja di Jakarta ya ? Haha )

Dengan gaji yang Alhamdulillah ini, tentu kamu akan makin semangat dalam melayani rakyat

Masuk IPDN berat persaingannya. Tentu kamu harus memersiapkan diri dengan sebaik mungkin.

3.747 Praja IPDN Halalbihalal Saat Idulfitri, Ini Klarifikasi Rektor
Sumber : Instagram IPDN

4. Gaji lulusan sekolah kedinasan STAN

Kamu alumni Politeknik Keuangan Negara Sekolah Yinggi Akuntansi Negara dapat bekerja di kementerian keuangan, bea cukai, hingga perpajakan.

Di Perpres No.37/2015 diatur tunjangan para pegawai pajak antara Rp 5,36 juta hingga Rp 117,375 juta.

Sementara, jika menjadi pegawai di Kementerian Keuangan, sesuai dengan Perpres No.156/2014, besaran tunjangan kinerja antara Rp 2,57 juta hingga Rp 46,95 juta.

Gaji Pokok Lulusan STAN

Sebagai seorang lulusan PKN STAN golongan IIC, maka tahun pertama kamu akan menerima gaji lulusan sekolah kedinasan sebesar Rp 2.301.800 setiap bulan. Sedangkan, golongan IIa akan mendapat gaji pokok Rp 2.022.200 per bulan.

Pada tahun berikutnya, lulusan STAN program D3 akan mendapatkan gaji Rp.2.374.300, untuk lulusan program D1 akan menerima gaji Rp 2.054.100.

Sedangkan, lulusan STAN dengan masa kerja 33 tahun akan menerima gaji pokok sebesar Rp 3.365.000.

Tunjangan Lulusan STAN

Tunjangan yang dapat kamu terima sebagai lulusan STAN antara lain

  • Tunjangan suami istri sebesar 5% dari gaji pokok
  • tunjangan anak sebesar 2%,
  • tunjangan jabatan hingga uang perjalanan dinas.
  • Tunjangan kinerja untuk untuk kelas jabatan terendah (kelas 1) sebesar Rp 2.575.000.
  • Untuk kelas jabatan tertinggi (kelas 27) mencapai hingga Rp 46.950.000.
  • Lulusan STAN program D3 masuk dalam kelas jabatan 6 dengan tukin yang diterima sebesar Rp 3.611.000.

Di lingkungan Kemenkeu, tukin terbesar akan diterima oleh pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Berdasarkan PP Nomor 37 tahun 2015, lulusan STAN di DJP akan menerima tukin sebar Rp.7.673.375.

Tapi, ini ada tapinya…

Pembayaran Tunjangan Kinerja pada pegawai di lingkungan kemenkeu dilakukan berdasarkan realisasi penerimaan pajak.

Tukin akan dibayarkan 100% pada tahun berikutnya jika realisasi penerimaan pajak sebesar 95% atau lebih dari target penerimaan pajak.

Sementara itu, jika realisasi pajak sebesar 90% atau kurang dari 95% maka, tukin dibayarkan 90%.

Lalu, jika penerimaan pajak sebesar 80%-90% maka tukin akan dibayarkan 80%. Jika penerimaan pajak sebesar 70%-80% maka tukin dibayarkan 70% dan jika penerimaan pajak kurang dari 70% maka tukin dibayarkan 50%.

Semoga kamu tidak bingung yaa.

5. Gaji lulusan sekolah kedinasan STSN.

Kamu alumni Sekolah Tinggi Sandi Negara dapat bekerja di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dengan jumlah besaran haji mulai dari Rp 1,97 juta sampai Rp 26,32 juta.

Namun, pada BSSN, ada beberapa ketentuan sebagai berikut

  1. Tunjangan kinerja tidak diberikan kepada pegawai lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara, yang tidak mempunyai jabatan tertentu.
  2. Tunjangan kinerja tidak diberikan untuk pegawai di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara yang diberhentikan untuk sementara atau dinonaktifkan (diberikan uang tunggu, dan belum diberhentikan sebagai pegawai)
  3. Tunjangan kinerja juga tidak diberikan untuk pegawai yang diberikan cuti di luar tanggungan negara atau dalam bebas tugas untuk menjalani masa persiapan pensiun.

6. Gaji lulusan sekolah kedinasan STIN

Seorang lulusan Sekolah Tinggi Intelijen Negara tentunya dapat berkarir di Badan Intelijen Negara ( BIN ).

Nah, sama seperti para lulusan sekolah kedinasan di lingkungan Kementerian Perhubungan, untuk tunjangan kinerja yang akan diterima antara Rp 2,53 juta sampai Rp 33,24 juta.

Rinciannya sebagai berikut :

  • Kelas Jabatan 17 : Rp 33.240.000
  • Kelas Jabatan 16 : Rp 27.577.500 
  • Kelas Jabatan 15 : Rp 19.280.000 
  • Kelas Jabatan 14 : Rp 17.064.000 
  • Kelas Jabatan 13 : Rp 10.936.000
  • Kelas Jabatan 12 : Rp 9.896.000 
  • Kelas Jabatan 11 : Rp 8.757.600
  • Kelas Jabatan 10 : Rp 5.979.200 
  • Kelas Jabatan 9 : Rp 5.079.200 
  • Kelas Jabatan 8 : Rp 4.595.150 
  • Kelas Jabatan 7 : Rp 3.915.950 
  • Kelas Jabatan 6 : Rp 3.510.400 
  • Kelas Jabatan 5 : Rp 3.134.250 
  • Kelas Jabatan 4 : Rp 2.985.000 
  • Kelas Jabatan 3 : Rp 2.898.000 
  • Kelas Jabatan 2 : Rp 2.708.250 
  • Kelas Jabatan 1 : Rp 2.531.250

Nominal tersebut akan kamu terima sesuai dengan kelas jabatan.

Bahkan, khusus Kepala BIN akan mendapatkan besaran tunjangan kinerja sebesar 150 persen dari tunjangan kinerja tertinggi di lingkungan BIN. Alias 150% dari Rp33.240.000.

7. Gaji Lulusan Sekolah Kedinasan STIS

Para alumni Sekolah Tinggi Ilmu Statistik ( STIS ) tentu saja dapat mengaplikasikan ilmunya pada Badan Pusat Statistik ( BPS ) sebagai karir.

Seorang lulusan STIS dari program studi (prodi) DIII maka otomatis akan diangkat menjadi CPNS di golongan IIc. Sementara untuk lulusan prodi DIV maka masuk golongan CPNS IIIa.

Berdasarkan PP Nomor 15 Tahun 2019, gaji pokok PNS untuk golongan IIc masa kerja tahun pertama yakni sebesar Rp 2.301.800 per bulan. Lalu untuk golongan IIIa gaji pokoknya sebesar 2.579.400 per bulan.

Nah, gelain gaji lulusan sekolah kedinasan, CPNS lulusan STIS juga menerima tunjangan melekat antara lain

  • tunjangan suami istri 5 persen dari gaji pokok,
  • tunjangan anak 2 persen dari gaji pokok (maksimal 3 anak),
  • tunjangan makan Rp 35.000 per hari (golongan II),
  • tunjangan jabatan, dan
  • uang perjalanan dinas.

Sedangkan untuk tunjangan kinerja, seperti halnya di lingkungan kedinasan lain, dapat berbeda sesuai dengan kelas jabatannya

  • – Kelas jabatan 17: Rp 33.240.000
  • – Kelas jabatan 16: Rp 27.577.500
  • – Kelas jabatan 15: Rp 19.280.000
  • – Kelas jabatan 14: Rp 17.064.000
  • – Kelas jabatan 13: Rp 10.936.000
  • – Kelas jabatan 12: Rp 9.896.000
  • – Kelas jabatan 11: Rp 8.757.000
  • – Kelas jabatan 10: Rp 5.979.000
  • – Kelas jabatan 9: Rp 5.079.200
  • – Kelas jabatan 8: Rp 4.595.150
  • – Kelas jabatan 7: Rp 3.915.950
  • – Kelas jabatan 6: Rp 3.510.400
  • – Kelas jabatan 5: Rp 3.134.250
  • – Kelas jabatan 4: Rp 2.985.000
  • – Kelas jabatan 3: Rp 2.898.000
  • – Kelas jabatan 2: Rp 2.708.250
  • – Kelas jabatan 1: Rp 2.531.250

8. Gaji pegawai alumi STMKG

Tertarik untuk melanjutkan studi ke Sekolah Tinggi Metereologi, Klimatologi dan Geofisika ?

Teruntuk para pegawai di lingkungan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), berikut adalah gaji PNS nya.

Hitungan gaji yang disampaikan dari yang paling terendah hingga tertinggi disesuaikan berdasarkan masa kerja atau MKG mulai dari kurang dari 1 tahun hingga 27 tahun.

Gaji pokok pegawai BMKG

  • Golongan I (lulusan SD dan SMP)
    • Golongan Ia: Rp 1.560.800 – Rp 2.335.800
    • Golongan Ib: Rp 1.704.500 – Rp 2.472.900
    • Golongan Ic: Rp 1.776.600 – Rp 2.577.500
    • Golongan Id: Rp 1.851.800 – Rp 2.686.500
  • Golongan II (lulusan SMA dan D-III)
    • Golongan IIa: Rp 2.022.200 – Rp 3.373.600
    • Golongan IIb: Rp 2.208.400 – Rp 3.516.300
    • Golongan IIc: Rp 2.301.800 – Rp 3.665.000
    • Golongan IId: Rp 2.399.200 – Rp 3.820.000
  • Golongan III (lulusan S1 atau S3)
    • Golongan IIIa: Rp 2.579.400 – Rp 4.236.400
    • Golongan IIIb: Rp 2.688.500 – Rp 4.415.600
    • Golongan IIIc: Rp 2.802.300 – Rp 4.602.400
    • Golongan IIId: Rp 2.920.800 – Rp 4.797.000
  • Golongan IVa: Rp 3.044.300 – Rp 5.000.000
  • Golongan IVb: Rp 3.173.100 – Rp 5.211.500
  • Golongan IVc: Rp 3.307.300 – Rp 5.431.900
  • Golongan IVd: Rp 3.447.200 – Rp 5.661.700
  • Golongan IVe: Rp 3.593.100 – Rp 5.901.200

Tentu saja, selain gaji pokok, kamu juga akan mendapatkan Tunjangan

Berikut rincian lengkap tunjangan kinerja BMKG

  • Kelas jabatan 17: Rp 33.240.000
  • Kelas jabatan 16: Rp 27.577.500
  • Kelas jabatan 15: Rp 19.280.000
  • Kelas jabatan 14: Rp 17.064.000
  • Kelas jabatan 13: Rp 10.936.000
  • Kelas jabatan 12: Rp 9.896.000
  • Kelas jabatan 11: Rp 8.757.600
  • Kelas jabatan 10: Rp 5.979.200
  • Kelas jabatan 9: Rp 5.079.200
  • Kelas jabatan 8: Rp 4.959.150
  • Kelas jabatan 7: Rp 3.915.950
  • Kelas jabatan 6: Rp 3.510.400
  • Kelas jabatan 5: Rp 3.134.250
  • Kelas jabatan 4: Rp 2.985.000
  • Kelas jabatan 3: Rp 2.898.000
  • Kelas jabatan 2: Rp 2.708.250
  • Kelas jabatan 1: Rp 2.531.250

Sebagai seorang PNS BMKG, kamu juga akan menerima berbagai macam tunjangan melekat selain tukin. Tunjangan PNS tersebut antara lain

  • tunjangan suami/istri sebesar 5 persen dari gaji pokok.
  • tunjangan anak 2 persen dari gaji pokok dengan maksimal 3 anak,
  • tunjangan makan sebesar Rp 35.000 – 41.000 per hari,
  • tunjangan jabatan, dan perjalanan dinas.

Demikian lah informasi terkait ‘gaji lulusan sekolah kedinasan’ dan tunjangannya pada beberapa instansi terkait dengan Kuliah Kedinasan. Semoga dapat menambah motivasi kamu dalah memersiapkan diri ya.

Dan ingat, walaupun gaji dan tunjangan adalah hak kamu, tapi menjadi seorang abdi negara adalah melayani rakyat dengan sebaik – baiknya ya

Load More Related Articles
Load More By Kudi
Load More In Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek juga

Lulusan Kejuruan ? Berikut Adalah Pilihan Sekolah Kedinasan Untuk SMK

Lulusan kejurusan juga punya kesempatan yang sama kok. Berikut adalah rekomendasi sekolah …